CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

2008/09/17

Panduan Memelihara Account Google AdSense


Google AdSense Images


Tulisan ini adalah pelengkap dari artikel mengenai banned di Google AdSense yg telah ditulis beberapa waktu lalu. Jika artikel sebelumnya membahas mengenai hal2 yg dapat kita lakukan setelah kita menerima surat cinta dari Google, kali ini akan dibahas dengan detil (semoga) mengenai cara2 menjaga dan merawat keanggotaan Google AdSense kita, sehingga dapat meminimalisir hal2 yg tidak diinginkan (baca: banned).



Penyebab Banned


Sebelum membahas tindakan pencegahannya, terlebih dahulu perlu kita pahami apa saja pemicu pengiriman surat PHK pada publisher AdSense. Yaitu:



  • Melanggar atau tidak mematuhi ketentuan yg tercantum pada program policies atau peraturaan penggunaan Google AdSense.

    Tidak selalu Anda akan langsung di-banned apabila melakukan pelanggaran. Pihak Google terkadang memberikan jangka waktu 3 hari kerja untuk ‘memperbaiki’ kesalahan Anda. Ini biasanya berlaku untuk pelanggaran2 dari sisi peletakkan atau layout, termasuk misalnya peletakkan gambar di samping iklan. Walaupun begitu, jangan jadikan ini sebagai patokan karena siapa tahu suatu saat Google akan langsung menindak tegas pelanggaran2 ‘ringan’ ini.

  • Click fraud

    Penyebab paling sering di-banned-nya seorang publisher dari Google AdSense adalah click fraud, yaitu klik (invalid) pada ad units AdSense yg dilakukan secara berulang-ulang dan/atau dalam jangka waktu yg terlalu sering. Seringkali, click fraud dilakukan oleh pihak luar, bukan pemilik situs itu sendiri, sehingga tidak jarang publisher tidak menyadari bahwa account mereka sedang dalam keadaan bahaya.


Tindakan Pencegahan



  • Pasang script AdSense tracker di situs yg memajang iklan AdSense

    Script AdSense tracker mampu mendeteksi dan mencatat setiap aktivitas pengunjung yg berkenaan dengan iklan AdSense. Kita dapat mengamati kapan pengunjung tersebut melakukan klik, darimana asal pengunjung, situs/iklan apa yg diklik oleh pengunjung, dan sebagainya. Ada banyak script jenis ini, baik yg berbayar maupun yg gratis. Salah satu di antaranya, bagi yg pelit untuk mengeluarkan uang, adalah AdLogger.

  • Amati statistik atau laporan iklan AdSense Anda dalam Member Area Google AdSense secara berkala

    Lakukan hal ini secara rutin, setidaknya sehari sekali, atau 2 kali sehari jika memungkinkan. Jika ada hal2 yg di luar kebiasaan, misal, penghasilan Anda dalam 1 hari di atas rata2 hari2 sebelumnya, atau jumlah klik yg melonjak dratis, atau persentase CTR yg tidak normal, jangan buang2 waktu untuk segera melapor kepada Google AdSense.

    Contoh laporannya adalah sbb:


    Hi,


    I’ve just checked my AdSense account and my earning stats looks suspicious (masukkan stat yg tidak normal di sini). I’m afraid someone has click-frauded my AdSense ads. Could you please take a look and check my stats?


    Thanks in advance



    Anda bisa menggunakan alasan2 seperti “high CTR”, “sudden jump in revenue / number of click”, dan sebagainya. Tentu saja sesuaikan dengan kondisi ketidakberesan yg ada.


    Untuk temen2 yg sempat minta dibuatkan contoh format kontak untuk keperluan di atas, sori yah baru bisa dibalas sekarang (dalam bentuk artikel pula) :)


  • Mintalah pihak Google AdSense untuk me-review situs Anda SETIAP KALI Anda membuat situs baru (yg memajang iklan AdSense) atau melakukan perubahan desain situs, termasuk perubahan posisi iklan AdSense

    Contoh format untuk meminta review situs baru:


    Hi,


    I’ve just made a new site (with AdSense ad units on it) and I’d like to know whether the site’s content (URL ke situs Anda) and ads placement comply with Google AdSense TOS / Program Policies or not. I promise I’ll make necessary required adjustment (if any) to the site as soon as possible and won’t launch the site before I got your approval.


    Thanks in advance



    Contoh format kontak untuk meminta review perubahan layout/desain:


    Hi,


    I’ve recently changed the design of my site (URL ke situs Anda) and I’d like to know whether the site’s layout and ads placement comply with Google AdSense TOS / Program Policies or not. I promise I’ll make necessary required adjustment (if any) to the site as soon as possible.


    Thanks in advance



    Setelah Anda mendapat balasan, segera lakukan perubahan jika diminta dan reply imel tersebut untuk meminta review ulang. Apabila sudah mendapatkan persetujuan dan dinyatakan bahwa situs Anda tidak melanggar TOS / Program Policies, SIMPAN baik2 imel tersebut.


    Masing2 anggota tim review Google AdSense seringkali memiliki tingkat ketegasan dan pemahaman terhadap TOS / Program Policies yg berbeda. Bisa jadi meskipun sudah dinyatakan valid, ternyata suatu saat Anda diberi peringatan oleh pihak Google AdSense (atau bahkan langsung di-banned) dengan alasan pelanggaran aturan (di luar click fraud tentunya). Pada saat seperti ini, jangan panik dan katakan bahwa sebelumnya situs Anda telah di-review dan di-acc oleh pihak Google AdSense, dengan menyertakan kopi dari imel approval sebelumnya.


  • Ikuti terus perkembangan seputar Google AdSense, terutama mengenai perubahan aturan pemakaian, melalui blog resmi mereka di adsense.blogspot.com


Sebagai salah satu sumber pendapatan kita, tidak ada salahnya kalo kita sedikit bersikap pro-aktif dalam menjaga dan memelihara kelangsungan hidup account Google AdSense. Jadi jangan terburu bersikap skeptis apabila Anda tidak menjalankan tips2 di atas dan tiba2 Google memutuskan hubungan kerjasama dengan Anda, karena siapa tahu kesalahan memang ada pada pihak Anda.


Semoga bermanfaat :)



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 4 March 2007. Artikel ini disponsori oleh LowonganPekerjaan.Net, situs penyedia informasi lowongan kerja terbaru. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah isi.

2008/09/09

Info link add URL untuk beberapa Search Engine Ternama


Banyak sekali blog/web tutorial yang memberi segudang informasi tentang search engine, begitu juga dengan penulis akan memberikan seitil informasi (karna penulis taunya cuma seitil) daftar link yang mungkin bisa membantu kamu untuk memasukan blog/web kamu kedalam search engine. kamu tinggal ikutin aja masing-masing navigasi dari search engine itu sendiri. silahkan coba untuk mendaftarkan secara manual melalui link dibawah ini Sebagai berikut:

===

Yahoo! Search

Google

MSN

Open Directory

ExactSeek

ScrubTheWeb

SearchSight

EntireWeb

GigaBlast

Link Centre

Exalead

MavicaNet

World Site Index

Info Listings

What U Seek

Accoona

BusinessSeek

FWD

IllumiRate

AMRAY

01WebDirectory

Amfibi

Zeezo

Wikidweb

Pedsters Planet

Submission4U

AnooX

Arakne Links

Info Tiger

WebbieWorld

TowerSearch

TopSites

Cipinet

ABD

NetInsert

Web Directory

Klottra

DareDirectory

IRKA

SplatSearch

Purple Directory

Cache Directory

Burf

Dramba

Clickey

CherryDir

CyberWebSearch

NewWebDirectory

JDGO

kalo masih kurang.. silahkan cari di Om Google
Kalo ada diantara kamu yang lebih tau, di mohon berbaik hati untuk berbagi disini.. karna penulis sendiri masih sangat terbatas dan masih harus banyaaaaaaak belajar lagi. semoga info ini bermanfaat.(ariefmyguitar)

Tips Melakukan Add Url



MENINGKATKAN RANK DENGAN ADD URL

Untuk meningkatkan rank website anda sudah seharusnya anda lakukan add kedalam search engine terkemuka, agar siapapun yang melakukan klik keyword anda akan terbawa kedalam website anda. Cara ini bisa anda lakukan secara berkala dengan hasil yang bisa anda cek 1 sampai 2 minggu kemudian. Saran : jangan lakukan berkali-kali melakukan add website anda

Adnet
http://www.theadnet.com

Ah-ha
http://www.ah-ha.com/addurl

Alldeal
http://www.alldeal.com/add_site

Altavista
http://www.altavista.com/cgi-bin/query?pg=addurl

Arkesini
http://www.arkesini.com/links/links.htm

Anzwers
http://www.anzwer.com/cgi-bin/print_addurl.pl?

Asiaco
http://www.search.asiaco/cgi-bin/addurl.cgi
Asiannet
http://www.asiannet.com/joinus.html

Asia Search
http://expatsinasia.safeshopper.com/

Batavianet
http://www.batavianet.co.id/addurl.html

Canada.com
http://www.canada.com/search/web/addurl.asp

Claymont
http://www.claymont.com/cgi-bin/addurlsform.pl

Crawler
http://www.crawler.com/

Direct Hit
http://www.directhit.com/util/addurl.html

DMOZ
http://dmoz.org/add.html

Euroferret
http://www.euroferret.com/addurl.html

Excite
http://www.excite.com/info/add url.html

Funkycat
http://www.funky-cat.com/webmastera.asp

G.O.D
http://www.god.co.uk/add.htm

Go
http://www.go.com/AddUrl?&pg=SubmitUrl.html

Go2Net
http://www.go2net.com/help/faQ/add-url.html

Google
http://www.google.com/addurl.html

GottaBounce
http://www.gottabounce.com/cgi-bin/links/add.cgi

HotBot
http://www.hotbot.com/addurl.asp

Indo Center
http://www.indocenter.co.id/add.html

Indoseek
http://www.indoseek.co.id/add.html

Info Tiger
http://www.infotiger.com/addurl.html

Infohiway
http://www.infohiway.com/isn/addurl.html

Infoseek
http://infoseek.go.com/AddUrl?pg=SubmitUrl.html

Lycos
http://www.lycos.com/addasite.html

Magellan
http://magellan.excite.com/info/add_url/

MSN.com
http://search.msn.com/addurl.asp

Mugomilk
http://www.mugomilk.freeserve.co.uk/html/addsite.html

National Directory
http://www.nationaldirectory.com/cgi-bin/addurl

Nerd World
http://www.nerdworld.com/nwadd.html

Net Announce!
http://www.ersoros.com/net-announce/content.phtml

NetBreach
http://www.netbreach.com/addurl/

Netfind.aol.com
http://netfind.aol.com/add.adp

NetSearch
http://198.80.94.66/cgi-bin/search.pl?AddSite=prompt

Northern Light
http://www.northernlight.com/docs/regurl_help.html

Peekaboo
http://www.peekaboo.net/index1.html

Power Crawler
http://www.powercrawler.com/addurl.cfm

Project Cool
http://www.projectcool.com/sightings/submit.html

Profusion
http://www.profusion.com/users.sitesee.html

Proteus
http://www.thrall.org/proteus/urlsub.htm

PureSearch
http://www.puresearch.com/addsite.html

Scrub The Web
http://www.scrubtheweb.com/addurl.html

Search Hound
http://www.searchhound.com/pages/submit.htm

Search King
http://www.searchking.com/add.htm

Serach Spot
http://www.searchspot.com/info/suggest_site.htm

Search UK
http://www.url.searchuk.com

Searching 4 U
http://www.searching4u.com/links/link.htm

Site @ Hack
http://www.sitehack.com/submit.htm

Spider Hog
http://www.spiderhog.com/addurl.htm

Shop Internet
http://www.ro.com/shopinternet/submit.html

Super Snooper
http://www.supersnoopel.com/addurl.htm

Surfgopher
http://www.surfghoper.com/addurl.htm

Teledom
http://www.teledom.net/add.shtml

Voila
http://www.voila.com/info/addsite.html

WebCrawler
http://www.webcrawler.com/help/getlisted/addurls.html

Webmaster Network
http://www.wmn.linkopp.net/cgi-bin/add.cgi

World Light
http://www.worldlight.com/addsite.html

Yahoo
http://www.yahoo.com/info/suggest/


Memaksimalkan Kerja Blogger


Rekan-rekan mahasiswa dan masyarakat di India pelan tapi pasti sudah mulai rajin menorehkan tulisan di blog masing-masing, searah dg perkembangan rekan-rekan lain di Tanah Air. Umumnya mereka membuat blog dg provider blog gratis paling terkenal yaitu Blogger atau Blogspot.

Pada tulisan-tulisan lalu, sudah dijelaskan sejumlah tips untuk membuat blog kita menjadi google friendly, mudah ditangkap mesin pencari (search engine) google dan saudara-saudaranya. Tips berikut ini sebagian akan mengulang tulisan lalu secara lebih detail plus sejumlah tambahan bagaimana untuk memaksimalkan cara kerja blog kita. Saya urut dari awal.

Setting-an Blog

Setelah log-in dg id Anda, klik link blog. Setelah itu:

(a) Klik 'SETTING' dan klik 'BASIC'.

  • Title --> Isi judul blog Anda. Sebaiknya nama Anda sendiri. Contoh: Wynwira Blog Tutorial
  • Description --> Deskripsi singkat isi blog Anda. Sebaiknya tidak terlalu panjang dan berisi kata-kata yg paling mewakili isi blog Anda. Contoh: Refleksi tips menulis dan tip kiat cara membuat blog.
  • Add your blog to our listing? --> klik YES. Supaya setiap posting kita selalu masuk di daftar blogger.com.
  • Show quick editing on your Blog? --> klik YES
  • Show Email Post Links? --> klik YES
  • Show Compose Mode for all your blogs? --> klik YES
  • Klik SAVE SETTINGS dan REPUBLISH. Selesai.

(b) Klik 'SETTINGS' dan klik PUBLISHING.

  • Notify Weblogs.com --> klik YES. Tujuan: setiap kita mengupdate blog kita, search engine khusus blog yaitu weblogs.com akan mengupdate otomatis databasenya.
  • Klik SAVE SETTING dan REPUBLISH. Selesai.

(c) Klik SETTINGS dan klik FORMATTING

  • Show --> pilih posts (jangan days). Kemudian pilih angka posting yg Anda inginkan untuk tampilan di blog Anda. Contoh: Show: 4 posts, berarti posting yg tampil di halaman blog Anda sebanyak empat posting.
  • Date Header Format --> pilih model tanggal/bulan yg sesuai dg selera. Format tanggal/bulan ini akan selalu tampil di bagian atas posting kita.
  • Archive Index Date Format --> pilih model peng-arsip-an. Blog kita akan dibuatin arsip setiap bulan. Contoh: February 2006.
  • Timestamp Format--> pilih bentuk waktu yg Anda suka. Sebaiknya yg pendek. Contoh: 7.50 PM.
  • Timezone --> pilih zona waktu yg sesuai. Contoh untuk WIB: [UTC-+7.00]Asia/Jakarta.
  • Encoding --> pilih Universal (Unicode UTF-8). Ini adalah kode format yg dipakai kebanyakan search engine besar termasuk google, yahoo dan MSN. Dg kode ini, Google, dll akan lebih mudah mendata setiap update di blog kita.
  • Converts Linebreaks --> pilih YES.
  • Show Title field --> pilih YES.
  • Show Link Field --> pilih NO. Tapi andai dipilih YES juga tak ada pengaruhnya.
  • Enable float alignment --> pilih YES. Pilih NO juga tidak apa-apa.
  • Klik SAVE SETTINGS. Klik REPUBLISH. Selesai.

(d) Klik SETTINGS dan klik COMMENTS.

  • COMMENTS --> pilih SHOW.
    Who Can Comment? --> pilih ANYONE. Supaya semua pengunjung baik yg anggota blogspot maupun yg tidak dapat ikut berkomentar.
  • Comments Default for Posts --> pilih New Posts Have Comments.
  • Backlinks --> pilih SHOW. Supaya tahu kalau ada yg ngelink ke artikel di blog kita.
  • Backlinks Default for Posts --> pilih New Posts have Backlinks.
  • Comments Timestamp Format --> pilih format jam yg singkat. Contoh: 8.00 PM.
  • Show comments in a popup window? --> pilih YES. Supaya ketika di klik, blog kita pengunjung, blog kita tidak hilang.
  • Show word verification for comments? --> pilih YES. Untuk menghindari komentar otomatis oleh robot spam.
  • Enable comment moderation? --> pilih NO (sebaiknya). Kalau Anda termasuk orang yg "jaga wibawa", pilih YES (kalau YES, setiap komentar akan disensor dulu oleh Anda, baru bisa muncul di kotak komentar).
  • Show profile images on comments? --> pilih YES. Supaya gambar komentator yg punya id blogger, dapat menampilkan fotonya.
  • Comment Notification Address --> isi dg alamat email Anda, kalau Anda ingin dapat notifikasi dari blogger.com setiap ada komentar baru di blog Anda.
  • Klik SAVE SETTINGS. Klik REPUBLISH. Selesai.

(e) Klik SETTINGS dan Klik ARCHIVING

  • Archive Frequency --> pilih Monthly.
  • Enable Post Pages? --> pilih YES.
  • Klik SAVE SETTINGS. Klik REPUBLISH. Selesai.


(f) Klik SETTINGS dan Klik SITEFEED.

  • Publish Site Feed --> pilih YES. Supaya setiap memposting, blog kita memiliki dua database: versi website dan versi feed. (Untuk soal feed akan diterangkan di kesempatan lain).
  • Descriptions --> pilih FULL.
  • Site Feed URL --> ini adalah alamat feed Anda yg bisa disindikasikan di tempat lain seperti di http://my.yahoo.com, http://reader.google.com atau di http://360.yahoo.com. Lihat contohnya di sini atau di sini . Jadi, sekali kita update blog, postingan kita akan tampil di dua tempat dalam waktu bersamaan dan ini akan menambah "daya tangkap" google pada blog kita.
  • Article Footer --> kosongin saja.
  • Klik SAVE SETTINGS. Klik REPUBLISH. Selesai.

2008/09/03

Apa Itu Google AdSense


Google AdSense Images

Secara singkat, AdSense adalah layanan iklan yg dimiliki oleh Google, dimana para pemilik situs dapat memasang iklan tersebut di situs2 mereka dan mendapatkan penghasilan tambahan. Iklan yg muncul bermacam-macam jenisnya, bisa berupa teks, gambar, bahkan video; namun yg pasti, semuanya menggunakan sistem kontekstual (contextual), dimana iklan tersebut akan relevan atau sesuai dengan isi halaman dimana iklan tersebut dipasang. Perhatikan contoh gambar berikut:

AdSense Sample Images

Seluruh iklan disimpan di server milik Google sendiri, sehingga kita tidak perlu menyediakan ruang khusus di server kita untuk AdSense, ataupun meng-upload file-file tertentu. Cukup dengan menyisipkan kode JavaScript yg diberikan pada halaman situs kita saja kita sudah dapat menikmati hadirnya iklan AdSense di situs kita.

AdSense Code Images

Bagaimana Kita Mendapatkan Uang?

Seperti disebutkan di atas, dengan memasangkan iklan AdSense di situs mereka, pemilik situs memperoleh kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bagaimana caranya?

Tidak sulit. Yg perlu Anda, sebagai pemilik situs, lakukan adalah menunggu (dan berdoa) agar ada pengunjung yg meng-klik iklan2 tersebut. Ya, cukup dengan meng-klik saja, otomatis Anda, sebagai publisher AdSense, akan mendapatkan sejumlah uang yg nilai bagiannya diperhitungkan dari besarnya bid yg telah ditentukan oleh si pemasang iklan (advertisers). Meskipun ada faktor2 lain yg mempengaruhi, secara umum, bagian yg diperoleh publisher adalah 20% dari nilai bid.


Perlu diingat, klik yg dihitung hanyalah klik2 yg dianggap valid. Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan klik terhadap iklan milik Anda sendiri atau pun menyuruh orang lain meng-klik iklan Anda. Detil peraturan Google AdSense dapat Anda baca di sini.

Setelah Anda mendaftarkan diri di Google AdSense dan diterima, Anda akan mendapatkan akses ke Member Area Google AdSense. Di situ, selain tersedia tool untuk men-generate kode iklan yg dibutuhkan, juga terdapat halaman Report yg mencantumkan perolehan pendapatan Anda beserta jumlah klik yg didapatkan, jumlah tampilan iklan, dan info2 penting lainnya. Perhatikan gambar berikut:

AdSense Report Images

Bagaimana Pembayarannya?

Pembayaran akan dilakukan 30 hari setelah total pendapatan Anda dalam satu bulan mencapai minimal $100. Jadi apabila bulan Februari ini Anda memperoleh $100, maka penghasilan Anda tersebut akan dikirimkan pada akhir bulan Maret. Untuk Indonesia, pembayaran akan dikirimkan dalam bentuk cek dan Anda dapat memilih untuk menggunakan jasa pos ataupun DHL (Express Delivery) dalam proses pengiriman tersebut.

Jika menggunakan jasa pos, waktu pengiriman biasanya paling cepat adalah 20-25 hari (tergantung lokasi Anda). Sedangkan, jika menggunakan DHL, cek sudah akan Anda terima dalam waktu 2-3 hari kerja. Jangan lupa, Anda biaya sebesar $24 jika Anda memilih menggunakan sistem Express Delivery, dimana biaya tersebut otomatis akan dipotong dari penghasilan kita.

Bagaimana Potensi Penghasilannya?

Tidak terbatas! Banyak publisher AdSense yg telah memperoleh ribuan bahkan puluhan ribu dollar per bulannya. Di Indonesia sendiri, publisher AdSense dengan penghasilan ribuan dollar per bulan sudah bukan hal yg aneh lagi. Sebagian dari mereka dapat Anda baca kisahnya di sini.

Baca pula Tehnik Dasar AdSense, Tips2 Seputar AdSense, dan Tanya Jawab AdSense.

Meskipun berpotensi untuk meraih pendapatan yg besar dan bahkan tidak terbatas, berbisnis Google AdSense tidak semudah membalikkan telapak tangan. Semua tetap butuh usaha dan waktu yg mungkin tidak sedikit.

So, tunggu apa lagi? Daftar sekarang (gunakan tombol di bawah ini untuk langsung menuju ke halaman Sign Up) dan mulailah memasuki dunia bisnis internet melalui Google AdSense. Dan jika masih ada hal2 yg ingin ditanyakan, manfaatkan halaman Konsultasi AdSense yg telah disediakan. Semoga sukses!

di ambil dari cosaaranda.com

Bisnis Paling Gampang Google Adsense

Cara kerja google Adsense.

Anda hanya menempatkan iklan-iklan google di situs Anda, dan Anda akan di bayar per klik iklan. rata-rata google membayar setiap iklan yang di klik adalah sebesar $0.01 dan $5.00

Anda mungkin akan tertawa jika mendengar betapa "kecilnya" google membayar. Tapi coba anda pikirkan , jika ada 50.000 klik x 0.01 ? = $500 itu dalam hitungan tarif iklan yang paling kecil yakni $0.01

Berikut ini Saya kutip Penjelasan adsense yang sudah di bikin oleh Muhammad Rivai Andargini, dari situs Vavai.com

Google Adsense

Google Adsense adalah program periklanan Google. Penjelasan singkatnya, jika kita memasang kode iklan Google, iklan tersebut akan muncul setiap pengunjung mengunjungi website / blog kita. Jika pengunjung melakukan klik pada salah satu iklan yang ada, kita bisa mendapatkan fee dari Google, mulai dari sekian sen dollar hingga beberapa dollar per klik. Iklan bisa muncul dalam bentuk teks, gambar, gabungan teks dan gambar, video maupun penggunaan software tertentu (browser Firefox misalnya).

Apakah semudah demikian ? Ya dan tidak. Google Adsense adalah seni menarik perhatian pengunjung. Kemudahan dan nilai lebih Google Adsense terletak pada relevansi iklan yang muncul. Tanpa harus menipu pengunjung, iklan tersebut muncul secara relevan sesuai dengan isi dan tema posting website / blog. Pengunjung yang tertarik dengan iklan tersebut bisa saja melakukan klik pada iklan tanpa merasakan hal yang aneh, karena iklan yang muncul masih terkait dengan materi yang dibaca.

Kesulitannya, ada banyak faktor yang mendukung kesuksesan hal ini. Mulai dari penempatan iklan, isi posting hingga ketertarikan pengunjung terhadap iklan yang muncul.

Google Adsense adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang sifatnya real dan bisa dibuktikan. Berbeda dengan model uang internet lainnya, tidak ada cara by pass untuk bisa sukses dengan Google Adsense. Berikut adalah beberapa saran saya kepada para blogger yang tertarik pada Google Adsense :

1. Jangan berpikir muluk
Banyak orang yang bergabung dengan Google Adsense-biasa disebut Publisher Adsense-dan berpikir bisa mendapat gaji bulanan dalam jumlah besar. Hal ini membuat mereka cenderung mengambil jalan pintas dengan melakukan berbagai hal yang melanggar TOS (Term of Service) Google Adsense.

Nilai uang yang didapat dari iklan yang diklik besarnya bervariasi. Bisa saja hanya satu hingga sepuluh sen US$ Dollar. Bisa juga satu hingga beberapa dollar per klik. Dalam satu hari, bisa saja tidak ada yang melakukan klik pada iklan (apalagi jika pengunjung hanya sedikit). Bagi orang yang ingin hasil besar tanpa kerja keras, tentu saja hal ini cukup menjengkelkan.

Jangan berpikir muluk soal Adsense. Memang ada banyak publisher Adsense yang sukses, tapi banyak juga yang gagal. Berpikirlah secara sederhana. Jika ingin bergabung dengan Google Adsense, niatkan untuk menjadikannya sebagai sebuah tantangan. Jangan berpikir soal uang terlebih dahulu. Tantangan Google Adsense adalah, bagaimana kita mengemas iklan, menempatkannya pada posisi dan lay-out yang sesuai serta menarik pengunjung dalam jumlah yang besar. Jadikan Google Adsense sebagai media untuk terus mengisi artikel bagus pada blog dan sebagai media melatih kedisiplinan dalam menulis. Semakin banyak artikel, semakin banyak peluang peningkatan pengunjung blog. Semakin banyak pengunjung blog, semakin besar peluang iklan di klik.

Jika mendapat hasil dari Google Adsense, anggaplah itu sebagai pengganti biaya surfing, hosting, domain dan sebagai bayaran atas artikel yang dibuat. Cek Google Adsense dikirim dalam kelipatan 100 US$, jadi, setelah dikurangi biaya transfer maupun pencairan cek, nilainya masih cukup untuk sekedar membayar biaya domain dan hosting selama 1 tahun. Menarik bukan ?

2. Sukses Membutuhkan Waktu
Mencapai nilai 100 US$ selama mengikuti program Google Adsense bisa membutuhkan waktu singkat namun lebih sering membutuhkan waktu berbulan-bulan. Jika selama 1 bulan anda hanya mendapat rata-rata 5 US$ (banyak yang kurang dari itu, variatif tergantung blog), anda membutuhkan waktu 20 bulan untuk bisa mencapai 100 US$.

Jangan ambil jalan pintas dengan melakukan klik pada iklan sendiri atau menyuruh teman, saudara, rekan kerja maupun orang lain untuk secara sengaja melakukan klik pada iklan. Google memiliki kemampuan mendeteksi kecurangan ini dan akan membanned anda. Ingat motto Google, "Don't be Evil". Jika dibanned, nilai uang yang sudah anda peroleh akan dihanguskan dan blog atau website anda tidak bisa didaftarkan ulang.

Sabarlah pada hasil yang didapatkan. Hasil yang didapat mencerminkan nilai blog anda. Jika masih minim sekali, itu artinya kita harus lebih fokus pada upaya meningkatkan kwalitas tulisan dan artikel blog.

3. Kerahkan segala kemampuan
Publisher Google Adsense yang sukses biasanya belajar banyak tentang bagaimana caranya mengisi posting dengan berbagai hal menarik. Bagaimana menempatkan iklan pada posisi yang sesuai. Bagaimana layout website / blog yang bagus. Bagaimana perpaduan warna antara iklan dan isi website yang sinkron dan lain sebagainya. Anda bisa belajar banyak mengenai HTML, css (Cascading Style Sheet), Java Script, Engine Blog, Format website dan berbagai hal menarik lainnya.

Kemudian, belajar bagaimana menyajikan website / blog secara elegan dan menarik minat pengunjung. Isi dengan berbagai hal menarik. Buat target jumlah pengunjung yang ingin dicapai tiap bulan.

Jika anda tertarik mengikuti Google Adsense, anda bisa mengikuti langkah berikut :

1. Daftar pada Layanan Google Adsense
Anda bisa mendaftar layanan Google Adsense dengan melakukan klik pada tombol berikut ini di bawah Ini.




2. Membuat Website / Blog
Blog sangat mudah dibuat, jadi ini yang lebih saya sarankan. Blog sebenarnya website juga, hanya saja lebih personal dan lebih simple dibandingkan website umumnya. Saran saya, buatlah blog pada layanan blogspot / blogger. Layanan ini milik Google. Bisa saja menggunakan penyedia layanan blog gratis lainnya, Wordpress misalnya. Hanya saja, Wordpress gratis sepertinya tidak mendukung Java Script, yang digunakan untuk kode Adsense.

Blog yang dibuat ini bisa saja sekedar blog untuk mendaftar. Nanti, setelah pendaftaran diterima, kita bisa menggunakan kode Adsense pada blog milik kita lainnya.

Jika anda sudah memiliki blog sendiri atau bahkan blog dengan domain dan hosting sendiri, tidak ada masalah menggunakan blog anda. Syaratnya, mendukung Java Script dan sudah memenuhi syarat nomor 2 berikut :

3. Isi Website / Blog dengan Posting Berbahasa Inggris
Sampai dengan tulisan ini dibuat, Google Adsense belum mendukung bahasa Indonesia. Isilah blog yang anda buat dengan posting berbahasa Inggris minimal 5 posting. Untuk keperluan pendaftaran, gunakan mekanisme copy-paste, tentu saja dengan memperhatikan ketentuan lisensi pada website / blog yang anda copy.

Syarat nomor 2 ini membuat saya merekomendasikan pemilik blog untuk membuat blog baru yang digunakan untuk keperluan pendaftaran. Nanti, setelah pendaftaran diterima, kode adsense-nya bisa digunakan pada blog yang sudah ada. Saya sendiri sempat 5 kali ditolak sewaktu ngeyel mendaftar dengan blog berbahasa Indonesia :-).

kuti petunjuk yang diberikan. Isikan dengan data anda sebenarnya karena data alamat maupun email digunakan untuk keperluan pembayaran.

4. Tunggu Konfirmasi Pendaftaran 2-5 hari
Google akan memberikan konfirmasi mengenai pendaftaran, baik diterima maupun ditolak dalam jangka waktu 2 sampai dengan 5 hari. Jika ditolak, ulangi prosedur pendaftaran dari awal. Google biasanya memberikan penjelasan mengenai alasan penolakan.

Jika diterima, anda akan diberikan alamat untuk mengambil kode adsense untuk dipasang pada website / blog. Cara menempatkan kode adsense tergantung engine blog yang digunakan. Untuk Serendipity yang saya gunakan, tersedia plugin yang siap dipakai. Beberapa engine blog juga sudah memiliki plugin yang memudahkan pemasangan kode adsense. Wordpress misalnya.

5. Lakukan Improvement
Setelah kode adsense digunakan, lakukan improvement pada blog. Pelajari cara mengintegrasikan Google Adsense dengan layout yang anda gunakan. Berbuat kreatif agar pengunjung blog semakin meningkat.


Solusi Untuk Anda yang tidak Mempunyai Website.

Jika Anda belum mempunyai website, Anda bisa menampilkan Iklan adsense Anda di www.TheBestFive.com,
Dengan Catatan : Anda menulis artikel atau menyumbang artikel ke situs ini, dan artikel tersebut temanya boleh apa saja, dan harus menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Bila artikel anda di muat di situs ini, di bagian artikel anda, akan muncul iklan adsense Anda.

Cara mendaftar:
1. Silahkan ke www.TheBestFive.com,
2. Klik tulisan become the author.
3. Dan masukkan ID adsense Anda, ID adsense anda kira-kira seperti ini : Pub-xxxxxx
4. Tulis artikel.
5. bila dimuat, maka iklan adsense anda akan tampil di situs tersebut.
Free Website Submission
Submit your websites to all the biggest search engines out there. FREE service!
www.submitexpress.com


Make Money Pushing Dating Websites!

Earn up to $7 per email address. Multiple payment options. Sign up now!
www.datinggold.com


Webmaster Forums

Internet marketing, SEO, domain names, legal issues, website design, and more!
forums.digitalpoint.com


Salam Sukses dan semoga bermanfaat.