CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

2008/11/15

Panduan Memilih Topik Situs Web Untuk Bisnis AdSense

Panduan ini diperuntukkan bagi situs” web yg bukan berupa web service, forum, dan sejenisnya.

Sebelumnya, mungkin banyak yg ngedumel, ribet amat sih menentukan topik situs untuk bisnis AdSense. Memang, meskipun tampaknya tidak penting, tapi sebenarnya pemilihan topik situs (dan nantinya juga konsep dan layout situs) adalah hal yg paling menentukan dalam bisnis AdSense ini.

John Wooden berkata, “Do not let what you cannot do interfere with what you can do“.

Artinya, jangan biarkan apa yg tidak bisa Anda lakukan mengganggu hal yg bisa Anda lakukan.

Apa maksudnya?

Ingat, segala sesuatu yg dikerjakan dng hati suka, hasilnya akan jauh lebih baik daripada yg dilakukan dng terpaksa.

Situs web juga begitu.

Salah satu kesalahan fatal yg sering dilakukan oleh publisher pemula adalah membuat topik dng hanya berpatokan pada daftar high paying keyword. Mereka membuat situs ttg “mesothelioma” tanpa mengetahui apa itu penyakit mesothelioma. Mereka membuat situs ttg “yahoo web hosting” tanpa punya pengalaman dng layanan web hosting milik Yahoo!. Akibatnya, mereka tidak tahu harus diisi dng apa situsnya dan berlari kepada artikel” gratisan di internet ato mencuri content dari situs” lain. Hasilnya adalah situs yg low-quality dan tidak memiliki isi yg bermutu.

Kabar buruk bagi Anda, search engine sudah cukup pintar untuk mengetahui mana situs yg baik dan mana yg buruk. Situs dng isi berkualitas dan orisinil akan lebih cepat ter-indeks dan memiliki ranking lebih tinggi (dengan mengabaikan masalah SEO) dibandingkan situs lain yg memiliki content duplikat.

Nah sekarang, maukah Anda menghabiskan waktu Anda untuk membuat situs yg pada akhirnya menjadi sekedar halaman web tidak berguna di belantara internet hanya gara” salah memilih topik?

Dng berpatokan pada ilustrasi di atas dan kata” bijak dari pak John, sadarilah bahwa Anda harus memulai dng topik yg benar” Anda kuasai dan terlebih lagi, Anda sukai. Dng membuat situs ttg topik tersebut, maka Anda akan tahu apa yg harus Anda tulis ato bagaimana sebaiknya situs Anda tersebut dibuat / diisi.

Masih bingung soal topik? Gak perlu. Berpikirlah sederhana dan abaikan segala macam perhitungan CTR dan CPC untuk sementara.

Anda hobi baca buku? Buat situs ttg resensi buku.

Anda hobi masak? Buat situs ttg resep masakan dan tips memasak.

Anda suka fitness? Buat situs ttg perlunya fitness, tips” fitness, dan perangkat” fitness.

Percayalah, (masih) banyak lahan yg bisa Anda garap.

Seorang rekan publisher pernah menertawakan saya krn tahu saya membuat beberapa situs web dng pendapatan yg sama sekali jauh dari menjanjikan.

I’d never make that kind of site.“, begitu katanya.

Memang, jika dipikir dng akal sehat, buat apa saya membuang waktu dlm sehari untuk mengurusi situs yg penghasilannya seringkali tidak mencapai 50 sen dlm sehari. Tapi sejujurnya, ada hasil yg jauh lebih penting daripada uang.

Kepuasan batin.

Ya, saya benar” menguasai topik” di situs” lemah earning tersebut sehingga saya tahu betul apa yg saya tulis. Saya percaya, pengunjung juga akan merasa puas dng tulisan saya di situ krn mengetahui bahwa saya tidak asal tulis. Dan jika pengunjung puas, saya pun puas. Pada akhirnya, kepuasan itu akan memberi semangat pada saya untuk menangani situs” yg lain.

Toh dng terus berubahnya nilai masing” keyword di AdSense, bukan tidak mungkin suatu saat situs” tersebut akan memiliki nilai jual yg tinggi. Di sini secara tidak langsung saya juga telah melakukan investasi jangka panjang.

Kata Robert Kiyosaki, kalo mo kaya harus ber-investasi dan masuk ke kuadran investor (Q3) di model Cash Flow Quadrant.

Ya ya, tidak harus Kiyosaki yg menyatakan. Toh orang” yg anti dng anak si Rich Dad ini juga sebagian besar setuju dng pentingnya investasi. Rizky Mahendra di bukunya “Pay Your Soul First” bahkan menerangkan bahwa investasi tidak hanya berupa uang, tapi juga dpt berupa pengembangan diri dan skill.

Kembali ke masalah topik situs. Pada intinya, sekali lagi saya tulis, pilih topik situs yg Andai sukai dan kuasai. Titik.

Sebagai catatan, jika ini adalah situs AdSense Anda yg pertama, mulailah dng topik yg lebih umum.

Misal, untuk kasus buku di atas, buatlah situs ttg resensi segala macam buku terlebih dahulu. Selanjutnya, nanti Anda bisa melakukan ekspansi bisnis dng membuat situs” baru dng topik yg lebih menyempit. Buku misteri misalnya. Lebih lanjut mengenai ekspansi ini akan dibahas di artikel lain.

Setelah Anda memiliki topik yg kira” nyaman untuk ditindaklanjuti, langkah selanjutnya adalah pemilihan keyword ato kata kunci situs, serta konsep dan layout / desain situs. Tunggu pembahasannya di artikel” berikutnya.


Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 8 May 2006. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.


3 komentar:

MBAK NANIK mengatakan...

COBA BOS KLIK ALAMAT INI http://mbaknanik.blogspot.com

RADEN JALU mengatakan...

MEDIA GAIB SUPRANATURAL TINGKAT TINGGI SOLUSI JITU MENUNTASKAN MASALAH ANDA..BUKTIKAN!!

Abhinesh mengatakan...

cool i do not understand a word of it.

visit me-- http://www.abhigv.blogspot.com