CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

2008/11/15

Update TOS Google AdSense 25/02/08: Lebih Ringan, Lebih Menjanjikan?

Selain dua hal yang membikin repot, ada beberapa perubahan lain yang dicantumkan oleh Google AdSense pada TOS (Terms of Service) mereka yang sedikit membawa sinar pengharapan di tengah kegelapan masa depan AdSense. Walaupun ‘liciknya’, perubahan-perubahan kecil (namun berdampak besar) tersebut tidak digarisbawahi pada pengumuman resmi Google di blog mereka. So, apa sajakah perubahan-perubahan tersebut?

  1. AdSense for Search sekarang boleh dipasang di halaman apa pun, termasuk halaman yang TIDAK ADA content-nya sama sekali alias halaman kosong.
  2. AdSense for Referrals sekarang boleh dipasang di halaman apa pun, termasuk halaman yang TIDAK ADA content-nya sama sekali alias halaman kosong.
  3. Unit iklan AdSense sekarang boleh dipasang di halaman Registrasi, halaman “Thank You”, halaman 404, halaman chat, dan bahkan EMAIL.
  4. Dalam satu halaman situs sekarang boleh dipasang unit iklan AdSense dari account yang berbeda, dengan catatan, jumlah total unit iklan yang tampil tetap memenuhi syarat.
  5. Unit iklan AdSense boleh dipasang bersamaan dengan iklan dari jaringan lain yang sejenis, seperti AdBrite, Bidvertiser, dan sebagainya. Ini sekaligus membatalkan efek dari perubahan TOS setahun yang lalu mengenai competitive ads.
  6. AdSense for Search boleh dipasang bersamaan dengan search box milik jaringan iklan atau PPC yang lain.
  7. Apabila kita ditawarkan untuk menjadi beta tester fitur AdSense yang baru, kita tidak diperbolehkan untuk menceritakan dan memberitahukan tentang hal tersebut kepada orang lain.
  8. Publisher tidak diperkenankan untuk meminta / memaksa pengunjung untuk mengklik tombol Play pada unit iklan video AdSense, termasuk mengklik sendiri tombol Play tersebut.
  9. Publisher AdSense bisa memodifikasi tampilan dari unit iklan AdSense maupun hasil pencarian AdSense for Search asal mendapat persetujuan dari pihak Google.
  10. Akun AdSense akan di-non-aktif-kan apabila publisher tidak mengakses akun tersebut selama 2 tahun berturut-turut.

Secara keseluruhan, TOS Google AdSense yang baru ini lebih ringan dibandingkan dengan TOS mereka sebelumnya. Bukti bahwa Google AdSense mulai takut kehilangan publisher?

0 komentar: